Beranda | Artikel
Waktu Menggunakan Telepon - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Selasa, 23 Januari 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Waktu Menggunakan Telepon adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Ceramah agama tentang Waktu Menggunakan Telepon

Seorang muslim, sudah selayaknya tidak menggunakan handphone pada waktu-waktu yang tidak pantas. Seperti sebagian orang yang tetap menggunakan pada saat sudah berdiri di shaf shalat. Muadzin atau orang yang ditugaskan imam sudah mengumandangkan iqamah pertanda bahwa semua aktivitas bahkan shalat sunnah juga harus diputus. Karena tidak ada lagi shalat kecuali shalat yang akan ditegakkan. Apabila sedang berada didalam masjid seorang muslim tidak boleh keluar walaupun telah shalat, kita harus tetap ikut shalat bersama jama’ah.

Begitulah keadaan yang seharusnya ketika iqamah telah dikumandangkan. Tentu ini perkara yang banyak kita saksikan. Meskinpun iqamah telah dikumandangkan, bahkan shaf-shaf sudah diluruskan, namun masih ada sebagian orang yang sibuk memainkan handphonenya.

Contoh lain dalam hal ini juga adalah sebagian orang menelepon pada waktu-waktu aurat manusia. Artinya mungkin dia bersama keluarganya. Ada tiga waktu yang Allah sebut sebagai waktu aurat. Yaitu yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 58.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ۚ مِّن قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُم مِّنَ الظَّهِيرَةِ وَمِن بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ۚ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَّكُمْ ۚ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ ۚ طَوَّافُونَ عَلَيْكُم بَعْضُكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّـهُ لَكُمُ الْآيَاتِ ۗ وَاللَّـهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ ﴿٥٨﴾

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya’. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nur [24]: 58)

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Waktu Menggunakan Telepon

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30126-waktu-menggunakan-telepon-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/